Akankah Posisi Klasemen Liga Inggris Liverpool Terpengaruhi Akibat Sanksi Suarez?

Kejadian yang paling kontroversial di Piala Dunia 2014 sampai saat ini adalah ketika penyerang Uruguay, Luis Suarez, menggigit bahu dari pemain belakang Italia, Giorgio Chiellini. Akibat perilaku yang terlarang tersebut, badan sepak bola internasional, FIFA, menjatuhkan hukuman kepada Suarez sebanyak 9 pertandingan dan juga 4 bulan tidak boleh aktif di dunia sepak bola. Liverpool yang menjadi klub Luis Suarez bermain tentunya akan merasakan akibat dari hukuman yang diterima sang pemain, karena Luis Suarez menjadi pencetak gol terbanyak, apakah sanksi ini akan mempengaruhi posisi klasemen Liga Inggris Liverpool musim depan?


Meskipun negaranya berhasil melaju ke babak 16 besar dan akan menghadapi Kolombia tetapi akibat sanksi yang diterimanya, Luis Suarez terpaksa harus pulang ke kampung halamannya, Uruguay dan tidak bisa membantu rekan satu negaranya berjuang di kompetisi tertinggi sepak bola internasional. Dengan sanksi tidak boleh aktif di dunia sepak bola selama 4 bulan berarti Luis Suarez akan melewati 9 pertandingan awal dari Liga Inggris.

Tetapi kubu Uruguay merasa tidak terima atas hukuman yang diterima Suarez, mereka menilai bahwa keputusan FIFA tersebut adalah keputusan yang berlebihan dan mereka pun mempertanyakan tidak cukup bukti untuk memperlihatkan kesalahan yang diperbuat Luis Suarez. Bahkan presiden asosiasi sepak bola Uruguay mengungkapkan bahwa belakangan ia melihat aksi yang melebihi apa yang diperbuat oleh Luis Suarez. Hukuman dari aksi-aksi tersebut tidak sebanding dengan yang diterima Suarez, untuk itu ia mengatakan bahwa hukuman yang diterima Luis Suarez adalah hukuman berat.

Luis Suarez juga menerima denda sebesar 65.680 Poundsterling atas perbuatannya tersebut. Sanksi yang diterima Luis Suarez merupakan yang paling besar selama Piala Dunia mengalahkan larangan bermain selama 8 pertandingan yang diterima pemain Italia, Mauro Tassotti, ketika ia menyikut pemain Spanyol, Luis Enrique, di Piala Dunia 1994. Dalam pernyataan resmi FIFA yang disampaikan oleh Claudio Sulsser, mereka mengatakan bahwa perliaku Suarez adalah yang tidak bisa ditoleransi di lapangan sepak bola manapun.

FIFA juga tidak mentolerir kejadian tersebut di Piala Dunia ketika jutaan mata penduduk dunia tertuju menyaksikan pertandingan turnamen ini. Ini bukan pertama kalinya Luis Suarez menggigit pemain lawan, bahkan ini merupakan kejadian yang ketiga kalinya. Kejadian yang pertama adalah ketika ia masih menjadi pemain Ajax Amsterdam dan ia menggigit pemain PSV, Otman Bakkal, di tahun 2010. Kejadian kedua adalah terjadi 3 tahun berikutnya dalam pertandingan antara Liverpool melawan Chelsea, ketika ia menggigit pemain belakang Chelsea, Branislav Ivanovic.

Dalam kejadian pertama, Luis Suarez mendapat hukuman larangan bertanding selama 7 pertandingan, sedangkan untuk kejadian yang kedua ia menerima hukuman 10 pertandingan dan kini di kejadian yang ketiga, ia mendapatkan larangan beramain selama 9 pertandingan ditambah dengan 4 bulan tidak aktif di dunia sepak bola. Mengingat Luis Suarez merupakan penyerang andalan klub Liga Inggris Liverpool, tentu saja hukuman ini akan mempengaruhi posisi klasemen Liga Inggris Liverpool, paling tidak untuk sekitar 9 pertandingan awal.

Posisi klasemen Liga Inggris Liverpool di SuperSoccer.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top