Kiprah Ryan Giggs Selama Bermain di Liga Inggris

Disebut sebagai pemain paling lengkap dalam sejarah sepak bola Liga Inggris, dari memegang rekor penampilan untuk Manchester United dan telah mencetak lebih banyak gol dibandingkan dengan pemain-pemain Manchester United seperti Cristiano Ronaldo, Mark Hughes dan Paul Scholes, Ryan Giggs pada 19 Mei 2014 memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola dan beralih menjadi asisten pelatih dari pelatih baru Manchester United, Louis van Gaal.

Ryan Giggs Selama Bermain di Liga Inggris

Ryan Giggs patut berbahagia dari pencapain karirnya sebagai pemain bola. Ia telah bermain selama lebih dari 1.000 pertandingan selama lebih dari 22 musim dan telah mencetak 150 gol. Ketika Ryan Giggs menjalani debutnya bersama Manchester United format Liga Inggris belum berubah menjadi Liga Premier Inggris. Ketika ia menjalani debutnya, Perdana Mentri Inggris kala itu adalahh John Major, Bart Simpson ada di posisi pertama tangga lagu dan Kevin Costner akan sapu bersih penghargaan Oscar berkat aktingnya dalam film Dances With Wolves.

Rekor penampilan Ryan Giggs bersama Manchester United adalah 963 pertandingan untuk tim senior, ia juga sudah melakoni 64 pertandingan untuk timnas Wales untuk pertandingan Internasional. Momen pertandingan internasional terakhirnya adalah ketika ia menjadi kapten dari Inggris Raya di Olympiade London tahun lalu. Di bawah ini adalah deretan angka statistik dari karir Ryan Giggs:
- 17: Ryan Giggs mendapat tawaran kontrak profesional ketika ulang tahunnya yang ke-17 tahun pada 29 November 1990.
- 632: Ryan Giggs telah bermain dalam 632 pertandingan Liga Inggris, 522 pertandingan diantaranya ia menjadi starting line-up. Ia melakoni debut dalam pertandingan antara Manchester United melawan Everton pada 2 Maret 1990. Ia masuk sebagai pengganti dari Deni Irwin dalam pertandingan yang dimenangkan Everton dengan skor 2-0.
- 37: Ketika ia melesatkan bola ke sudut gawang Benfica dalam pertandingan yang dilangsungkan pada 14 September 2011, ia memecahkan rekor sebagai pemain paling tua yang mencetak gol di Liga Champion, usianya di tanggal tersebut adalah 37 tahun.
- 109: Semenjak mencetak gol pertamanya pada pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada 19 September 1992, Ryan Giggs berhasil menambah pundi-pundi golnya sebanyak 108 gol di Liga Inggris. Hanya di musim ini lah dimana Ryan Giggs tidak berhasil mencetak gol dari pertandingan-pertandingan yang ia mainkan.
- 20: Jumlah golnya di Liga Inggris yang sebanyak 109 gol membuatnya masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang Liga Premier Inggris. Posisinya berada diantara Emile Heskey dengan 110 gol dan Paul Scholes dengan 107 gol.
- 34: Dalam karirnya di Manchester United, ia telah memenangi 34 trofi, 13 diantaranya adalah trofi Liga Inggris, 4 trofi Piala FA, 3 trofi Piala Liga, 2 trofi Liga Champion, 1 trofi Piala Super Eropa, 1 trofi Piala Intercontinental,  1 trofi FIFA Piala Dunia Klub, dan 9 trofi Community Shield. Dengan beragamnya trofi yang ia menangkan maka ia disebut sebagai pemain paling lengkap.
- 0: Ia tidak pernah mendapatkan kartu merah sepanjang karirnya di klub, tetapi ia pernah mendapatkan kartu merah di tingkat internasional ketika ia membela Wales dalam pertandingan melawan Norwegia pada bulan September 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top